Strategi SEO Untuk Pemula

Strategi SEO Untuk Pemula - SEO merupakan sebuah unsur yang sangat penting di dalam sebuah blog . Setiap blog memerlukan sentuhan - sentuhan seo untuk mencapai puncak artikel atau yang biasa disebut pageone . ada berbagai macam teknik seo dan berbagai media seo seperti SEO blog yang terdapat pada struktur template dan SEO artikel yang sudah jelas berarti artikel yang diberi sentuhan SEO atau bisa dibilang artikel yang memenuhi syarat – syarat seo.


Untuk seo pada template sendiri tidak semua platform / blog memerlukan teknik penerapan SEO hanya beberapa saja yang bisa dirubah seperti blogger , wordpress org dan MWB yang bisa diubah templatenya  .  Berbeda dengan Mblog.Mobi atau platform blogging lainnya yang hanya bisa menggunakan template bawaan , maka otomatis nilai seo dari blog tersebut mengikut dengan nilai SEO pada blog utama contohnya menggunakan platform mblog maka jika membuat blog dengan platform mblog , saat dicek nilai SEO sudah jelas blog tersebut akan mendapat nilai seo tinggi karena mengikuti situs utama yaitu mblog.mobi , begitu juga dengan wagomu .

Diatas tadi sudah terdapat beberapa kata – kata SEO namun sebenarnya apa arti SEO itu sendiri ?
Mari Mengenal SEO

1.    Apa Itu SEO

Jika ditanya apa arti dari Seo  , sebenarnya jawaban setiap orang akan berbeda – beda menurut pengertian dan teorinya sendiri . Menurut saya sendiri SEO adalah sebuah teknik ataupun strategi optimisasi kepada mesin pencari untuk mendapatkan posisi teratas dan dikenal dengan mesin pencari , terkenal disini berarti mudah diindex oleh google atau mesin pencari lainnya dan mudah berada pada posisi teratas mesin pencari seperti google .
Beberapa blogger lain mengatakan kalau SEO adalah strategi optimisasi agar blog tersebut bersahabat dengan mesin pencari terutama mesin pencari raksasa seperti google , yahoo , dan bing .
Secara umum teori ini diartikan sebagai teknik atau usaha – usaha untuk mengoptimisasi mesin pencari agar blog tersebut mendapat peringkat tertinggi pada mesin pencari . SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti optimasi mesin pencari .

2.    Jenis-Jenis SEO

Selanjutnya kita masuk ke jenis – jenis SEO , di atas tadi sudah disinggung beberapa jenis – jenis seo yaitu :
-    Blackhat SEO
Blackhat ialah sebuah teknik SEO atau usaha optimisasi yang menggunakan teknik curang ataupun ilegal contohnya ialah menggunakan software yang dilarang atau bersifat ilegal dan merugikan .
-    WhiteHat SEO
Whitehat adalah kebalikan dari teknik Blackhat SEO , Jika blachat dilakukan dengan teknik ilegal maka sudah pasti bahwa teknik Whitehat dilakukan dengan teknik yang legal atau bersifat umum dan normal .

Untuk memudah menghapalnya sobat bisa menandainya bahwa black sama dengan ilegal dan white atau putih itu legal ,  dan sudah pasti cara legal atau normal itu lebih mudah maju dan lebih baik terlebih lagi saat sedang belajar . cara ilegal hanya memberikan keuntungan jangka pendek dan akan memberikan kerugian jangka panjang untuk sobat .
Di dalam seo itu sendiri ada 2 teknik media seo , seperti berikut ini :

1.    SEO Onpage
Dari namanya saja sudah diketahui bahwa SEO OnPage ini ialah teknik atau usaha seo yang dilakukan diatas blog itu sendiri , atau di halaman itu sendiri . Cara ini terbilang cukup mudah dan ini adalah teknik seo yang paling penting karena inilah yang akan dinilai oleh robot google .

2.    SEO OffPage
SEO OffPage adalah kebalikan dari SEO Onpage . Jika seo onpage dilakukan pada blog itu sendiri maka offpage dilakukan diluar blog ataupun situs tersebut , dulu teknik seo offpage ini ialah teknik yang paling penting dalam penilaian robot google . namun lama – kelamaan algoritma google sudah berubah dan akhirnya teknik seo onpage yang menjadi pacuan utama seo blog , namun itu semua juga didukung oleh teknik seo Offpage .

Jadi antara seo onpage dan seo offpage itu memiliki keterkaitan dan sama – sama dibutuhkan di dalam sebuah blog agar bisa mendapatkan posisi di search engine .

3.    Teknik – Teknik SEO
Teknik – Teknik SEO sendiri bermacam – macam mulai dari teknik artikel seo , template seo ,widget seo dan lain –lain .

i.    Teknik SEO ONPAGE
A.    Membuat Artikel Berkualitas Dan SEO
Artikel adalah salah satu unsur yang penting di dalam sebuah blog , artikel ini menjadi salah satu faktor pendorong situs tersebut untuk menempati posisi pertama pada search engine . oleh karena itu kita harus membuat artikel yang SEO dan juga berkualitas , untuk melihatnya sobat bisa gunakan plugin Yoast SEO saat menulis artikel .
B.    Memasang Meta Tag
Meta tag adalah sebuah instruksi ataupun perintah dan bisa juga digunakan sebagai akar dalam sebuah blog agar robot google dapat dengan mudah mendeteksi dan mengenali situs anda .
C.    Loading Cepat
Selanjutnya blog ataupun situs anda haruslah memiliki loading yang cepat karena robot google menyukai loading blog yang cepat .
ii.    Teknik SEO OFFPAGE
A.    Backlink Berkualitas
Salah satu unsur penting dalam teknik seo offpage ini ialah backlink , awalnya backlink adalah salah satu pokok penting dalam penilaian seo .

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai Strategi SEO untuk pemula, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat .

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)

Populer Minggu Ini