Kenapa Bulu Kuduk Bisa Berdiri? Ini Dia Jawabannya

Kenapa Bulu Kuduk Bisa Berdiri?
Pada saat-saat kondisi tertentu yang dialami oleh seseorang, seperti misalnya mengalami ketakutan atau kedinginan, dapat membuat tubuh merinding. Kenapa hal ini bisa terjadi?
Merinding adalah fenomena fisiologis, yang diwarisi oleh nenek moyang sejak zaman dahulu, dan dialami oleh semua mamalia. Saat manusia merasa merinding, bukan hanya rambut yang ada di kulit saja yang berdiri, akan tetapi juga disertai dengan munculnya gundukan-gundukan di tempat tumbuhnya rambut tersebut.

Gundukan yang timbul tersebut diakibatkan oleh adanya kontraksi dari otot yang kecil. Seperti dikutip dari Scientificamerican, merinding terjadi karena alam bawah sadar seseorang yang melepaskan hormon stres yang disebut dengan adrenalin. 

Adrenalin yang dihasilkan oleh manusia melalui dua kelenjar kecil di atas ginjal tidak hanya menyebabkan kontraksi otot, tetapi juga dapat mempengaruhi banyak reaksi pada bagian tubuh lainnya. Selain itu, merinding atau berdirinya rambut -rambut halus pada kulit, juga bisa muncul sebagai akibat dari adanya kontraksi otot erector kecil yang ada di bagian dalam kulit.

Perubahan saraf yang dihasilkan oleh rangsangan ini, terjadilah kontraksi pada otot sehingga membuat rambut di atas kulit menjadi berdiri. Bagian tubuh yang merinding tersebut bisa terjadi yang bersifat sementara dan bisa hilang dalam beberapa saat kemudian. Maka setiap orang tidak bisa mencegah tubuhnya yang merinding, sama halnya dengan muka yang memerah dan juga tubuh yang berkeringat.

Ada beberapa penyabab kondisi tubuh yang membuat bulu kuduk bisa berdiri, yaitu antara lain:

  • Rangsangan dari udara yang dingin
Jika adanya rangsangan dari suhu udara yang dingin, maka rambut yang ada pada kulit akan berdiri, terutama bulu kuduk, jadi dengan kondisi ini, rambut halus pada kulit tersebut juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh seseorang yang mengalami merinding tersebut.

  • Reaksi yang disebabkan oleh faktor emosional
Pada beberapa reaksi emosional yang bisa menyebabkan merindingnya tubuh seseorang, dan tentu hal ini bisa membuat bulu kuduk bisa berdiri, seperti mengalami ketakutan, menonton film yang menegangkan, melihat sebuah karya seni atau mendengar suatu konser musik. Emosi yang timbul bisa menyebabkan piloerection dari akar rambut menjadi bermacam-macam variasi dan kompleks. Namun sampai saat ini belum diketahui mengapa ada orang yang merinding terhadap suatu rangsangan tertentu, sementara yang lainnya tidak.

  • Fight atau flight
Tubuh menjadi merinding juga dapat disebabkan oleh kondisi yang menegangkan atau suatu kondisi yang membuat seseorang harus waspada, maka respon tubuh akan meningkat dengan kondisi seperti ini, maka dengan hal tersebut tubuh akan mengeluarkan adrenalin serta darah yang dipompa oleh tubuh akan terasa lebih meningkat, inilah yang disebut dengan figh or flight. 

Nah, itulah beberapa alasan Kenapa Bulu Kuduk Bisa Berdiri? Mudah-mudahan informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian, karena dengan banyaknya kita membaca, maka akan banyak pula pengetahuan kita. :)
Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)

Populer Minggu Ini