Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan

Bengkoang merupakan sesuatu yang berasal dari jenis umbi-umbian akan tetapi berbeda dengan umbi yang lain, seperti singkong, kentang, ubi jalar dan lain-lain. Bengkoang memiliki rasa yang berbeda dan bentuknya serta mempunyai ciri yang khas dibandingkan dengan umbi-umbian yang lainnya. Perbedaan yang mencolok tersebut terlihat dari bentuk bengkoang itu sendiri yang mengandung air sekitar 80-90%, jadi baik untuk mensuplai cairan-cairan pada tubuh kita. Adapun nama lain dari bengkoang ini adalah
Pachyrhizus erosus, bengkoang cocok untuk ditanam dan dihasilkan pada daerah-daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Dari kandungan air yang banyak yang terdapat pada bengkoang ini yaitu terutama sekali berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes atau kencing manis, selain dari beberapa manfaat untuk pengobatan, rasa bengkoang juga terasa manis, sehingga juga cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja tanpa terkecuali. Adapun khasiat dari bengkoang untuk kesehatan tubuh kita tersebut akan kita ulaskan pada pembahasan di bawah ini.

Pada bengkoang terdapat kandungan gizi yang cukup banyak dan beragam, gizi-gizi yang terdapat dalam bengkoang ini antara lain yaitu berupa energi, terdapat kandungan lemak, protein, karbohidrat, kalsium, vitamin B1, vitamin C, dan fasfor. Para peneliti juga sudah menemukan kandungan-kandungan gizi yang sangat memiliki khasiat pada bengkoang yang berguna untuk kesehatan kita yang terdapat pada bengkoang tersebut, yang mana rincian gizinya itu antara lain:
  • Lemak : 0,2 gram
  • Protein : 1,4 gram
  • Karbohidrat : 12,8 gram
  • kalsium : 15 mg (miligram)
  • Vitamin B1 : 0,04 miligram
  • Vitamin C : 20 miligram
  • Fasfor : 18 miligram
Baca juga: 5 Fakta Unik yang Terdapat Pada Bawang Putih

Dari kandungan gizi tersebut akan sangat bermanfaat bagi konsumennya dalam meningkatkan kesehatan tubuh, yang mana khasiat dari mengkonsumsi bengkoang itu adalah antara lain sebagai berikut seperti pada poin-poin yang terdapat dalam pembahasannya di bawah ini:

  • Bagi penderita diabetes (kencing manis)
Rasa manis yang terdapat pada bengkoang tersebut adalah berasal dari inulin, dan enzim pada usus manusia tidak dapat mencerna inulin ini, sehingga dapat menjaga kadar gula yang terdapat pada tubuh manusia agar tetap normal walaupun bengkoang terasa manis. Jadi rasa manis yang berasal dari inulin tersebut sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dan juga disarankan dalam mengkonsimsinya tersebut cukup diambil sari bengkoangnya saja, seperti dibuat jus.

  • Mengurangi asam lambung
Pada bengkoang juga terdapat zat pendingin yang dapat menyerap asam lambung secara cepat, karena jika asam lambung meningkat, akan menyebabkan seseorang terserang penyakit maag. Jadi dengan mengkomsimsi bengkoang akan lebih cocok dalam mengatasi hal ini, ini merupakan bagian dari usaha kita untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya untuk kesehatan lambung. Yang lebih disarankan lagi mengkonsumsi bengkoang tersebut tanpa campuran dari bahan lain, yaitu dimakan secara alami saja.

  • Dapat melancarkan pencernaan
Seperti yang sudah dikatakan tadi, yaitu pada bengkoang terdapat inulin, nah inulin ini juga bersifat sebagai serat makanan, dan sifat inulin ini sangat berpengaruh pada usus dalam memperbaiki parameter yang terdapat pada darah. Yang dimaksud dengan perbaikan parameter tersebut yaitu yaitu menurunkan kadar kolesterol darah serta menurunkan kadar triliserida serum, dan pula sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita hypercholerolemia. Inulin yang terdapat pada bengkoang itu tadi juga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita konstipasi, yaitu dapat meningkatkan frekuensi defaksi serta dapat pula meningkatkan massa feses.

  • Dapat mengobati sariawan 
Kandungan Vitamin C yang terdapat pada bengkoang akan sangat berguna dalam mengobati sariawan, serta panas dalam. Kandungan kolesterol yang terdapat pada darah juga dapat diturunkan dengan mengkonsimsi bengkoang. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, Vitamin C sangat berguna untuk pengobatan sariawan, seperti sakit tenggorokan, susah BAB, dan panas dalam lainnya dapat dikurangi bahkan Insya Allah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi bengkoang. Jadi jangan ragu-ragu memakan bengkoang ini, karena tidak ada efek sampingnya, dan juga dengan mengkonsumsi bengkoang tersebut merupakan usaha pengobatan sariawan atau panas dalam secara alami.

  • Dapat mengobati penyakit beri-beri
Penyakit beri-beri merupakan penyakit yang bervariasi, bisa saja diserangnya sistem urat saraf, dan ada pula istilahnya penyakit beri-beri kering dan beri-beri basah, hal ini disebabkan oleh kurangnya Vitamin B1. Jadi salah satu khasiat bengkoang ini menjadi cara alternatif pengobatannya dengan mengkonsumsi dalam usaha untuk mengobati penyakit beri-beri karena terdapat pula kandungan Vitamin B1 yang terdapat pada bengkoang, yang mana kandungan Vitamin B1 dalam bengkoang tersebut terkandung 0,04 miligram.

  • Untuk kesehatan tulang dan gigi
Adapun fasfor yang terdapat pada bengkoang tersebut berguna sebagai zat kalsium, yaitu untuk pertumbuhan serta kesehatan tulang dan gigi. Jadi dengan mengkonsumsi bengkoang dapat menyehatkan tulang dan gigi Anda serta tulang dan gigi akan tumbuh dengan baik dan normal. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan akan fasfor dan kalsium pada tubuh Anda. Karena jika tubuh Anda kekurangan zat fasfor, maka tubuh Anda juga bisa terasa lemah serta terasa kurangnya nafsu makan.

  • Dapat menghilangkan flek hitam pada wajah
Selain untuk dikonsumsi, bengkoang dapat pula digunakan untuk masker wajah, sama halnya seperti perawatan wajah atau kecantikan pada umumnya yang dilakukan oleh sebagian orang di salon-salon terdekat. Jadi cukup dengan menjadikan bengkoang sebagai masker, adalah cara alternatif dan tradisional yang alami, dalam hal ini dapat mengurangi pengeluaran biaya Anda dalam merawat kondisi wajah agar tetap baik dan kinclong. :)
Karena kandungan air yang terdapat pada bengkoang inilah yang berfungsi untuk menghilangkan noda dan flek-flek pada wajah. Adapun caranya cukup sederhana, yaitu cukup mengupas kulitnya, lalu diparutkan agar halus, kemudian cukup dengan membalutkannya pada wajah Anda. Jadi dengan cara ini wajah Anda tidak kalah cantik/ganteng dengan orang-orang yang biasa maskeran di salon-salon. hehehehe

Jadi dengan memanfaatkan bengkoang tersebut, Anda akan terasa lebih sehat dan berguna dalam mengkonsumsi bengkoang, selain untuk dikonsumsi bengkoang juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah dan kulit Anda. Itulah tadi beberapa khasiat bengkoang untuk kesehatan. Semoga dalam bacaan ini ada manfaatnya bagi kita sekalian.

Share this

Related Posts

First

5 komentar

komentar
24 November 2015 pukul 19.22 delete

Ternyata banyak manfaatnya ya bengkoang....

Reply
avatar
24 November 2015 pukul 19.22 delete

Ternyata banyak manfaatnya ya bengkoang....

Reply
avatar
24 November 2015 pukul 19.24 delete

ya gan
sangat bermanfaat utk kesehatan.

Reply
avatar
29 November 2015 pukul 06.43 delete

Banyak manfaatnya, tapi sayangnya di daerah saya susah dapatnya,

Reply
avatar
29 November 2015 pukul 11.16 delete

banyak gan, ya mudah2an tempat agan segera dapat kiriman bengkoangnya..
hehe

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)

Populer Minggu Ini