Khasiat dan Manfaat Buah Naga

Buah naga yang lebih dikenal dengan buah yang berwarna merah muda cerah ini memiliki bentuk yang mempunyai sisik pada buahnya, ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kebugaran tubuh kita. Buah naga berasal dari Asia Tenggara, jenis buah ini termasuk dalam jenis kaktus yang diberi dengan namanya seekor binatang yang bernama "Naga". Adapun rasa dari buah naga ini terkesan manis dan nikmat, dan terasa menyegarkan. Adapun warna kulitnya ini ada juga yang berwarna putih, tapi khasiatnya sama saja, yang memberikan manfaatnya bagi manusia. Dan dengan banyak mengkonsumsi buah ini akan
meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Adapun Khasiat dan Manfaat Buah Naga tersebut akan kita bahas seperti berikut di bawah ini.


Khasiat serta manfaat dalam buah naga ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Dalam pembahasan di bawah ini terdapat beberapa manfaatnya tersebut, jika Anda meminumnya secara rutin akan membawa efek yang baik untuk tubuh kita.

Kandungan gizi yang terdapat pada buah naga :
- Protein : 1,1 gram
- Air : 87 gram
- Lemak : 0,4 gram
- Serat : 3 gram
- Karbohidrat : 11 gram
- Vitamin B1 : 0,04 mg
- Vitamin B2 : 0,05 mg
- Vitamin B3 : 0,16 mg
- Vitamin C : 20,5 mg
- Besi : 1,9 mg
- Kalsium : 8,5 mg

Nah pada kandungan gizi buah naga di atas, buah naga banyak mengandung air, jika tubuh kita kekurangan air, badan terasa lemas karena ion tubuh kita sedikit, maka dengan hal itu mengkonsumsi buah naga tersebut ada manfaatnya dalam penggantian ion tubuh kita secara alami, tanpa zat pengawet, zat pemanis, serta tanpa zat pewarna. :) Jadi jika Anda mengkonsumsi buah naga cukup hanya dengan mengupas kulit luarnya saja serta mengirisnya, lalu hanya sekedar mengupas, bisa langsung dimakan, jangan lupa membaca basmalah terlebih dahulu. Hehehehe. :) Selain banyak mengandung gizi dan vitaminnya, buah naga merupakan zat rendah kalori, tidak mengandung kolesterol, serta memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Adapun khasiat serta manfaat dari buah naga tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Dapat Menurunkan Berat Badan
    Jika Anda ada program penurunan berat badan (diet), ada baiknya mengkonsumsi buah naga, dengan kandungan yang banyak serat dan mengandung sebagian besar air, hal ini dapat memperlancar sistem pencernaan. Jadi dengan kandungan yang rendah kolesterol, mengkonsumsi buah naga secara rutin juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Selain pada buahnya, pada bijinya inipun juga terdapat zat asam lemak omega 3 yang sangat berguna bagi tubuh.
  2. Dapat Mengatasi Radikal Bebas
    Dengan terdapat serat yang kaya antioksidan, buah naga juga membantu untuk mengatasi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh Anda, biasanya ini juga dapat menyebabkan kanker. Selain dari mengatasi radikal bebas, buah naga berguna pula dapat membentuk kulit yang lebih muda dan cerah.
  3. Berguna Bagi Kesehatan Jantung
    Dengan memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan serta mengandung banyak serat, hal tersebut akan berperan dalam membantu dalam pembersihan plak-plak yang menyumbat pada arteri yang menyalurkan darah pada jantung Anda, serta menjaga sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh.
  4. Memiliki Zat Kalsium dan Kalium yang Tinggi
    Kalsium dan kalium yang tinggi yang terdapat pada buah naga akan memberikan manfaat dalam menjaga kekuatang tulang, dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur, akan bermanfaat yang sangat penting bagi saraf-saraf dan sel-sel dalam tubuh Anda. Jadi misalnya jika penderita diabetes yang mengkonsumsi buah naga, akan sangat berguna dalam menjaga kesehatan ginjalnya.
  5. Memperkuat Kekebalan Tubuh
    Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah naga juga bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, hal tersebut dapat memproduksi kolagen bagi kesehatan gigi serta kulit Anda agar terlihat lebih muda dan segar, dan juga dapat memperindah bentuk kulit Anda. Sehingga dengan kaya kandungan vitamin C akan mempertahankan tubuh Anda agar tidak mudah diserang penyakit.
  6. Berguna Bagi Kebersihan Usus
    Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin, dapat memperlancar pencernaan dan dapat membersihkan usus kita dari berbagai hal-hal yang tidak berguna bagi tubuh, dengan hal ini Anda akan jarang menderita sakit perut karena reaksi dari buah naga ini yang membantu memperlancar sistem pencernaan dalam usus kita supaya tetap lancar dan sehat.
  7. Berguna untuk Janin Bagi Bumil
    Seperti yang kebanyakan orang mengatakan "bumil" yaitu singkatan dari "ibu hamil". Bagi seseorang yang sedang mengandung, buah naga juga terasa bermanfaat baginya jika sang bumil tadi mengkonsumsinya. Jika dikonsumsi secara rutin, pertumbuhan janin yang dikandungnya akan cepat. Seperti misalnya dapat memperkuat tulang bagi si janin yang dikandungnya tersebut karena zat besi yang terdapat dalam buah naga. Nah, setelah janin yang dikandungnya tersebut dilahirkan, anak tersebut juga dapa merasakan pertumbuhan tulangnya yang yang kuat.
  8. Menurunkan Kadar Kolesterol
    Karena buah naga juga kaya akan kandungan Vitamin B3, buah ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dan tekanan darah tinggi dapat dikurangi atau bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin.
Itulah sedikit Khasiat dan Manfaat Buah Naga, begitu banyak guna dan manfaat lainnya pada buah ini yang sangat penting untuk menjaga dan menyehatkan tubuh kita. Dengan sedikit keterangannya di atas, semoga dapat memberikan manfaatnya bagi rekan-rekan pembaca sekalian, jadi tidak salahnya bagi kita untuk rajin-rajin dalam mengkonsumsi buah naga ini agar tubuh kita tetap sehat dan segar, selain itu dapat memperindah bentuk kulit. Karena jika kulit yang berseri dapat dilihat bahwa jasmani kita sehat. Terimakasih atas kesempatan dan waktunya dalam membaca tulisan ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
29 November 2015 pukul 00.08 delete

ternyata banyak juga yah gan manfaatnya,

Reply
avatar
29 November 2015 pukul 04.11 delete

mantap nih blognya
semangat gan dalam menulis blognya
sebagai sesama blogger kita harus saling menyemangati
ditunggu gan kunbalnya http://www.androanigamer.com/2015/11/laptop-lipat-dari-acer-dengan-ram.html
klo bisa coment & google+

Reply
avatar
29 November 2015 pukul 11.11 delete

ya gan, banyak manfaatnya utk kesehatan kita.

Reply
avatar
29 November 2015 pukul 11.13 delete

siiipp gan..
tetap semangat pantang menyerah.. hehe
oke gan, biar ane lengsung ke TKP agan.
N thanx atas kunjungannya :)

Reply
avatar
30 November 2015 pukul 17.13 delete

wah banyak sekali manfaatnya memang menjaga kebugaran sangatlah penting sebab kesehatan mahal harganya

Reply
avatar
Anonim
8 Desember 2015 pukul 16.37 delete

Bagus juga dimakan buah ini , karena banyak mengandung vitamin (Y)

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)

Populer Minggu Ini