Dampak Buruk Dari Kebanyakan Tidur

Jika kita kurang istirahat atau kurang tidur, maka tubuh kita akan mengalami penurunan kesehatan dan bisa mudah terkena penyakit, hal ini karena tubuh kita memerlukan istirahat agar sel-sel organ-organ tubuh yang bekerja selama kita bekerja dan beraktivitas juga akan terus menerus bekerja tanpa henti. Jadi dengan hal ini kita memerlukan tidur dan beristirahat agar
sel-sel tubuh kita tersebut dapat membangun kembali sel-sel yang baru agar badan tetap fit dan segar. Akan tetapi, jika terlalu banyak tidur juga dapat mengakibatkan sesuatu yang buruk bagi tubuh kita. Jadi kita hanya memerlukan waktu istirahat tersebut cukup dengan 7 jam sampai dengan 8 jam dalam waktu sehari semalam. Dan pada postingan ini ada beberapa Dampak Buruk Dari Kebanyakan Tidur.


Pada dasarnya, tidur juga salah satu aktivitas yang berguna dalam mewujudkan pola hidup sehat, tapi dengan waktu dan durasi yang tepat. Jika dengan waktu dan durasi yang tidak tepat malah dapat menyebabkan akibat yang negatif bagi seseorang. Apabila tidur kurang dari 7-8 jam maka akan terasa pengaruhnya bagi kesehatan kita, begitu pula sebaliknya jika kelebihan tidur, juga dapat mengganggu kesehatan. Kelebihan tidur disebut juga dengan oversleeping.

Adapun dampak buruk oleh kebanyakan tidur tersebut adalah sebagai berikut:
  • Menurunkan daya ingat
    Kebiasaan tidur yang terlalu lama bisa menurunkan atau memperlambat fungsi sel-sel pada otak, serta bisa menyebabkan penuaan pada wajah secara lebih cepat. Hal ini bisa dibuktikan jika mereka yang terlalu sering bangun terlalu siang, secara mentalnya terlihat lebih tua sekitar dua tahun bila dibandingkan dengan mereka yang pola tidurnya normal dan yang istirahatnya sesuai dengan jam tidur yang telah disarankan.
  • Dapat menyebabkan gangguan kardiovaskular
    Kardiovaskular yaitu sistem peredaran darah pada tubuh, yang sistemnya terdiri dari jantung, darah, serta pembuluh darah. Nah, jika sistem ini terganggu dapat menyebabkan akibat yang buruk bagi kesehatan. Hal ini bisa dikatakan bisa menyebabkan peredaran darah pada jantung akan melambat dan bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung. Dalam hal ini peneliti sudah menyebutkan bahwa orang yang terbiasa tidur lebih dari 8 jam dalam semalam bisa beresiko lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang terbiasa tidurnya rutin selama 8 jam semalam. 
  • Bisa menyebabkan terkena diabetes
    Beberapa peneliti juga mengatakan jika orang yang terbiasa tidur lebih dari waktu tidur yang normal setiap malam lebih beresiko yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan diabetes, karena pada saat tidur tubuh Anda sedang beristirahat, jadi tubuh Anda sedang tidak aktif, jika terlalu lama beristirahat dapat meningkatkan glukosa pada tubuh Anda.
  • Kepala terasa pusing
    Kebanyakan tidur dapat menyebabkan kepala terasa pusing, yang dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi pada pikiran Anda, hal ini dapat mengakibatkan pekerjaan kita pada siang hari dapat terganggu. Selain daripada itu kebanyakan tidur dapat pula menyebabkan kepala terasa sakit serta nyeri-nyeri pada punggung. Karena tidur yang berlebihan dapat mempengaruhi neurotransmiter pada otak yang bisa menyebabkan sakit kepala. Jadi dengan hal ini jika waktu tidurnya dalam waktu yang berlebihan bakalan ada dampak buruknya bagi kesehatan kita.
  • Menyebabkan depresi
    Kebanyakan tidur akan terdapat pula efek lainnya, yaitu depresi. Jika tidurnya berlebihan akan meningkatkan resiko gangguan pada mental, karena pada orang yang mengalami depresi, dia ingin menambah waktu tidurnya lebih banyak, hal ini bukan mengurangi depresi, akan tetapi dapat memperburuk kondisi seseorang yang mengalami depresi tersebut.
  • Dapat menyebabkan sakit punggung kronis
    Orang yang menderia sakit punggung kronis juga dapat mengalami hal yang sama seperti ini. Dia ingin menambah waktu tidurnya pula dengan kondisi seperti ini. Akan tetapi menambah waktu tidurnya bukanlah solusi yang tepat, malah akan memperburuk kondisinya saja apabila hal ini dilakukannya, dan akan memperparah keadaannya tersebut.
Oversleeping atau kebanyakan tidur dapat pula disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut. Antara lain adalah :
  • Narcolepsy
    Narcolepsy yaitu masalah neurologis yang dapat menyebabkan tidur yang berlebihan, karena terjadinya hal ini disebabkan bagian otak seseorang akan mengontrol lebih banyak pada waktu tidur, akibatnya penderita ini dapat membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dan tidak bisa mengendalikan waktu tidurnya. Akibatnya, orang yang mengalami hal ini bisa saja tertidur kapan saja dan di mana saja dia mau.
  • Sleep apnea
    Sleep apnea yaitu sejenis gangguan pada tidur dimana orang tesebut berhenti bernafas sesaat dalam waktu tidurnya. Jadi dengan adanya hal ini menyebabkan kebutuhan tidurnya meningkat yang mengganggu siklus tidurnya yang normal, orang yang mengalami seperti ini akan terasa lebih letih dan lemas, meskipun telah tidur sampai 10 jam lebih.
  • Karena kelelahan
    Bekerja terlalu banyak, pekerjaan yang menumpuk, dan aktivitas-aktivitas lainnya ini yang menyebabkan kelelahan yang tiada tara, hal ini juga dapat memicu tidur yang terlalu banyak. Mungkin hal ini wajar, karena dengan banyaknya pekerjaan tubuh memerlukan istirahat yang banyak pula, tujuannya yaitu agar tubuh terasa segar kembali setelah beristirahat. Akan tetapi jika setiap hari seperti ini dapat mengakibatkan sesuatu yang buruk bagi tubuh Anda. Jadi beristirahatlah dengan waktu yang cukup dan wajar.
  • Depresi dan Stress
    Seperti yang sudah dijelaskan tadi pada pembahasan di atas, depresi dapat menyebabkan tidurnya yang berlebihan. Jadi depresi dan stress tersebut juga dapat menyebabkan tidur yang berlebihan atau oversleeping.
Demikianlah beberapa Dampak Buruk Dari Kebanyakan Tidur. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan mudah-mudahan dengan membaca artikel ini akan membuat kita lebih banyak mengetahui tentang tips-tips dan pola hidup yang sehat, dan pola istirahat yang teratur. Karena pola istirahat tersebut memerlukan waktu yang seimbang yaitu tidak berlebihan dan juga tidak kurang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

komentar
24 November 2015 pukul 22.27 delete

bukan hanya berdampak negatif bagi kesehatan tapi berdampak juga bagi ekonomi

Reply
avatar
24 November 2015 pukul 22.30 delete

yak, bener gan.
banyak tidur, kantong makin tipis

Reply
avatar
27 November 2015 pukul 12.50 delete

saya teramat sangat bermasalah dengan pola tidur, dan dampak-dampak yang disebutin di atas benar adanya dan terasa sekarang. yang paling tampak secara fisik sih berat badan menurun

Reply
avatar
27 November 2015 pukul 13.29 delete

itu brarti pola tidurnya perlu d atur lagi gan..
agar kondisi badan tetap fit dan segar.
dan bnyak makan yg mengandung gizi gan agar berat badan tetap seimbang.

Reply
avatar
27 November 2015 pukul 15.18 delete

Emang gan, ane sering mengelami keluhan seperti diatas itu.. kebanyakan sering tidur malem dini. sampe sampe tidur suka ngabisiin waktu lebih dari 10jam.

http://www.kang-eza.blogspot.co.id/

Reply
avatar
29 November 2015 pukul 00.57 delete

wah bahaya nih buat yang tidur malam terlalu lama :)

Reply
avatar
29 November 2015 pukul 11.18 delete

ya gan, jdi agar tdak menggangu kesehatan, ada baiknya utk d atur lagi pola tidurnya gan.

btw thanx udah berkunjung :)

Reply
avatar
Anonim
8 Desember 2015 pukul 16.39 delete

kebanyakan tidur ada dampak nya ya? ga kurang tidur banyak dampaknya ?

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)

Populer Minggu Ini