Bangunan-Bangunan Bersejarah Di Indonesia

Pada umumnya bangunan bersejarah merupakan sebuah bangunan yang diabadikan oleh suatu daerah untuk mengenang peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi pada masa lampau, yang mana sebuah bangunan yang dibangun pada suatu daerah, ada kaitan yang erat dengan sejarah yang terdapat pada suatu daerah tersebut.
Pada pembahasan kali ini ada beberapa Bangunan-Bangunan Bersejarah Di Indonesia. Mungkin bagi sahabat-sahabat sekalian yang sedang berkunjung atau berada pada suatu daerah, akan tertarik jika ingin melakukan wisata ke suatu tempatnya yang terdapat pada daerah yang terdapat bangunan bersejarahnya dengan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang terdapat pada pembahasannya di bawah ini. Yang mana bangunan-bangunan tersebut tersebar pada berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Adapun bangunan-bangunan yang dimaksud pada paragraf di atas tersebut adalah sebegai berikut:
  • Mesjid Raya Medan
Lokasi : Masjid Raya Medan

Pada foto di atas adalah sebuah masjid raya yang terdapat di kota Medan, waktu itu Saya sedang berkunjung ke sana lalu berpose di depan kamera pada lokasi di depan Masjid tersebut (sedikit pamer), hehehehe :)
Menurut sejarahnya, Masjid Raya Medan atau disebut juga Masjid Raya Al Mashun dibangun pada tahun 1906 dan selesai pembangunannya pada tahun 1909 pada masa kesultanan Deli, yang pada waktu itu diperintah oleh seorang sultan yang bernama Makmun Al Rasyid, adapun fungsi dari masjid ini yaitu sama pada umumnya untuk umat muslim melaksanakan ibadah Shalat. Sama seperti masjid lainnya, Masjid Raya Medan juga mempunyai kubah dan menara yang menjulang tinggi yang menunjukkan kemegahan masjid ini, tiang-tiang yang kokoh dan kuat yang terdapat pada bagian dalam pada masjid ini, serta motif-motif bunga dan tumbuh-tumbuhan yang terdapat pula di dalamnya yang menunjukkan nilai seni yang tinggi pada bangunan ini.

Karena mengandung nilai sejarah, masjid ini banyak yang berkunjung, terutama pada waktu sore hari selalu dikunjungi oleh segenap kalangan masyarakat, baik masyarakat setempat maupun masyarakat yang sedang berkunjung ke Kota Medan, selain hal itu masjid ini juga ramai digunakan oleh masyarakat untuk melakukan shalat terutama shalat maghrib. Jadi selain mengunjungi bangunan ini yang bersejarah, Anda bisa langsung melakukan shalat yang merupakan tiang agama.


  • Istana Maimun
Lokasi : Istana Maimun, Kota Medan
 Gambar yang terdapat pada foto di atas juga gambar Saya yang sedang berpose di depan Istana Maimun (pamer lagi), hehehehe :)
Tidak jauh dari Masjid Raya, ada juga bangunan bersejarah yang terdapat di Kota Medan, Sumatera Utara. Namanya Istana Maimun. Lokasinya ini terletak di areal Jl. Brigjen Katamso.
Dan menurut sejarahnya, Istana Maimun dibangun juga pada masa kesultanan Deli yang dipimpin oleh Sultan Makmun Al Rasyid sekitar tahun 1888 dan selesai pada tahun 1891. Luas lokasi Istana Maimun ini sebesar 2,272 meter persegi, yang mana ruangan di dalamnya terdapat 30 ruangan. Terlihat dari luar, bangunan ini terlihat berwarna kuning yang merupakan khas bangunan suku Melayu. Bangunan Istana Maimun ini menghadap ke arah Utara, yang mana menghadap ke arah Masjid Raya Medan yang telah kita sebutkan pada pembahasan di atas.

Tempat ini juga ramai dikunjungi oleh kalangan masyarakat sebagai tempat wisata, baik tua maupun muda, baik yang punya pasangan maupun yang belum mempunyai pasangan alias masih jones. :D bersama teman-teman ataupun sama anggota keluarga, jadi seluruh kalangan masyarakat sangat menyukai dalam mengunjungi tempat ini. Jadi jangan heran jika Anda berkunjung ke tempat ini jika banyak orang-orang yang berkunjung, dan ada pula yang selfi-selfi serta berpotret-potret ria. :)
Adapun bagian-bagian yang terdapat di dalam Istana Maimun ini tampak megah, ada kursi mewah, meja yang bagus, lampu kristal Eropa, serta banyak pula terdapat benda-benda kuno yang bernilai sejarah.

  • Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal, Jakarta
Masjid Istiqlal juga merupakan bangunan bersejarah yang tentunya sudah kita ketahui yaitu terletak di Kota Jakarta. Dengan arsitektur dan desaign yang indah serta megah, tempat ibadah umat muslim ini sudah lama menjadi sebuah landmark Kota Jakarta. Bangunan Masjid Istiqlal ini berlokasikan seluas 9,5 hektar, yang terdapat kapasitasnya mampu menampung hingga mencapai 200.000 jamaah. Masjid ini juga pernah menjadi sebuah masjid terbesar di Asia Tenggara, yang mana juga merupakan sebuah kebanggan bagi masyarakat muslim di Ibukota Jakarta.

Masjid Istiqlal ini mulai dibangun pada masa pemerintahan Presiden RI yang pertama yaitu Ir. Soekarno, yang mana pembukaan tanah lokasi untuk pembangunannya dimulai pada tanggal 24 Agustus 1951 dan selesai pada tahun 1978, yang mana pembukaan masjid ini dilakukan pada tanggal 22 Februari 1978 pada masa pemerintahan sesudahnya. Masjid ini berlokasikan di kompleks bekas Taman Wilhelmina, bangunan masjid ini terdiri dari 5 lantai yang termasuk lantai dasarnya. Masjid ini terdapat kubas besar yang berdiameter 45 meter, kemudian ditopang sebanyak 12 tiang yang besar, serta di bagian sudut Selatan masjid ini terdapat menara tunggal yang tingginya mencapai 96,66 meter yang menjulang tinggi.

  • Lawang Sewu

Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu terdapat di Kota Semarang, yang tepatnya di areal Simpang Lima, yang namanya Lawang Sewu. Lawang Sewu jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu "seribu pintu", ini bukan nama sebenarnya yang ditujukan pada bangunan ini. Tentang namanya tersebut yang melegenda menjadi Lawang Sewu ini dikarenakan banyaknya pintu-pintu yang terdapat pada bangunannya. Yang pada awalnya bangunan ini digunakan sebagai kantor perusahaan kereta api milik Belanda.

Nama Lawang Sewu untuk bangunan ini sudah ditetapkan juga oleh pemerintah Kota Semarang yang merupakan salah satu bangunan yang dilindungi karena mengandung nilai sejarah, yang pada mulanya gedung ini turut serta menjadi saksi bisu saat rakyat Indonesia berperang melawan Jepang, yang mana pertempuran tersebut merupakan pertempuran sengit selama 5 hari.

  • Gedung Sate
Gedung Sate, Bandung
Gedung Sate terletak di Kota Bandung, gedung ini merupakan hasil dari rancangan oleh Ir. J. Gerber, yang mana seorang insinyur tersebut merupakan lulusan dari fakultas Teknik dari Delf Netherland, pembangunan yang dilakukannya bersama timnya, yang pembangunannya selesai pada tahun 1924. Bangunan arsitektur yang merupakan bangunan yang unik ini dibangun pada masa Kolonial Belanda. Ini juga merupakan bangunan yang termasuk bangunan yang bernilai sejarah yang banyak diminati oleh para pengunjung yang juga merupakan sebuah daya tarik tersendiri di Kota Bandung alias Kota Kembang. Nama bangunan ini dinamakan Gedung Sate karena terlihat sebuah ornamen pada puncak menara gedung tersebut yang berbentuk seperti tusuk sate.

Gedung ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur. Jika Anda berkunjung ke Gedung Sate ini, Anda bisa menikmati bagian-bagian yang ada di dalamnya yang mengandung unsur-unsur sejarah, yang mana benda-benda yang mengandung benda-benda sejarah ini banyak terdapat pada bagian menaranya, dan Anda juga bisa bersantai-santai di kafe yang terdapat di gedung tersebut, sambil menikmati suasana kesejukan Kota Kembang.

  • Taman Sari

Taman Sari, Jogjakarta
 Taman Sari terdapat di Kota Jogjakarta, merupakan bekas dari sebuah taman istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kebun atau taman ini dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono I yang waktu itu pada tahun 1758 - 1765. Yang mana pada awalnya taman ini disebut dengan "The Fragrant Garden". Jika dilihat dari desaign-nya berbentuk seperti sebuah tempat pengasingan, memang pada mulanya tempat ini adalah benar sebagai tempat pengasingan diri Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut beserta keluarganya dari hiruk pikuknya dunia. 

Kompleks Taman Sari terbagi dalam 4 bagian, yang mana bagian yang pertama merupakan sebuah danau buatan yang terdapat di bagian Barat, dan bagian kedua merupakan bangunan yang terdapat pada bagian Selatan danau buatan tersebut adalah tempat pemandian umbul binangun. Bagian ketiga yaitu terdapat kolam Garjitawati, serta bagian keempat adalah bagian yang luas yang membentang ke kompleks Magangan.

  • Masjid Agung Palembang

Masjid Agung, Palembang
Di Kota Palembang, Sumatera Selatan terdapat sebuah bangunan yang juga mengandung nilai sejarah, namanya Masjid Agung Palembang. Yang mana bangunan masjid ini dibangun pada masa kesultanan Palembang yaitu Sultan Mahmud Badaruddin I, yang tepatnya pada tahun 1738, bentuk masjid ini terlihat seperti ornamen Cina yang banyak terdapat pada atapnya, memang pada awalnya Masjid Agung Palembang ini dipengaruhi oleh 3 arsitektur, yaitu Indonesia, Eropa dan Cina. Selain terbentuk seperti ornamen Cina, terlihat juga ornamen khas Eropa yang tampak pada bagian pintunya yang berbentuk tinggi dan besar. 

Kemudian pada tahun 2000 masjid ini diadakan renovasi, dan diresmikan pula oleh Presiden kelima RI yaitu Megawati Soekarnoputri. Pada awalnya Masjid Agung Palembang ini adalah merupakan masjid terbesar di Indonesia. Dan pada saat ini masjid tersebut menjadi masjid regional di wilayah Asia Tenggara. Masjid ini berlokasikan di wilayah 19 Ilir.

Itulah tadi pembahasan kita yang membahas sedikit tentang Bangunan-Bangunan Bersejarah Di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan kita dalam mempelajari nilai-nilai sejarah yang terdapat di negeri kita. Semoga memberikan manfaatnya bagi rekan-rekan dan sahabat-sahabat sekalian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

15 komentar

komentar
30 November 2015 pukul 05.46 delete

takjub deh dengan bangunan-nagunan Islam (Y)

Reply
avatar
3 Desember 2015 pukul 01.38 delete

nice blognya

ditunggu kunbalnya
http://www.androanigamer.com

Reply
avatar
4 Desember 2015 pukul 08.41 delete

wah mantap nih bangunannya mas bro..semoga bisa liburan juga ah kesana :)

Reply
avatar
4 Desember 2015 pukul 08.42 delete

keren tempat wisatanya..jangan lupa main juga ke bintaro ya..ada tempat kuliner yang mantap

Reply
avatar
5 Desember 2015 pukul 00.44 delete

bangunan-bangunan yang sangat megah,,sungguh luar biasa melihat masjid berdiri kokoh.

Reply
avatar
Anonim
8 Desember 2015 pukul 16.35 delete

keren bangunannya , btw yang foto ke 1 dan ke 2 itu agan kah ? :D

Reply
avatar
16 Desember 2015 pukul 00.56 delete

amiinn
mudah2an cepat terlaksana liburannya yg menyenangkan gan :)

Reply
avatar
16 Desember 2015 pukul 00.57 delete

insya allah jika ada waktu dan ksempatan.
btw thax udah mampir d blog ane gan :)

Reply
avatar
16 Desember 2015 pukul 00.58 delete

bner gan..
waktu ane berkunjung ke medan tempo hari :)

Reply
avatar
16 Desember 2015 pukul 00.59 delete

ya gan..
dan juga mempunyai seni dan arsitek tersendiri :)
thanx atas kunjungannya gan

Reply
avatar
16 Desember 2015 pukul 00.59 delete

siap gan
ane kunjung balik ke blog ente.
thanx udah berkunjung

Reply
avatar
16 Desember 2015 pukul 01.01 delete

bner2 menakjubkan gan :)
thanx atas kunjungannya

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)

Populer Minggu Ini